Berlibur Ke Thailand? Wajib Nikmati Rasa Buah-buahannya

Thailand memang populer sebagai negara dengan kemajuan industri agrikulturnya. Tidak mengherankan kalau di negeri Gajah Putih tersebut hasil buminya cukup melimpah. Salah satu misalnya ialah hasil buah-buahan yang berasal dari Thailand populer dengan ukurannya yang besar-besar dan tetap mempertahankan cita rasa manisnya. Kalau anda berkunjung ke negara tersebut, anda jangan melewatkan untuk merasakan buah-buahan khas negeri Thailand.

Walaupun sekilas buah-buahannya ibarat dengan buah yang ada di Indonesia, namun tetap saja ada perbedaan diantara buah dari Indonesia dan buah dari Thailand. Pada umumnya, buah-buahan khas negara Thailand juga lebih simpel untuk didapatkan di kawasan Thailand bab selatan. Berikut ini ialah 5 buah khas Thailand yang sayang untuk anda lewatkan kalau berada di Thailand sebagaimana dikutib oleh brosur ‘’Fruits of Thailand’’ yang telah dirilis oleh Department of Agricultural Extension’’:”

 

1. Buah Durian

Durian Bangkok memang sudah populer hingga ke Indonesia. Durian ini populer lewat dagingnya yang cenderung tebal dan berwarna kuning keemasan, teksturnyapun creamy, dan mempunyai elok yang sangat legit. Dalam bahasa Thailand sendiri, buah Durian disebut dengan Thurian. Namun yang unik, durian di Thailand berbuah sepanjang tahun. Puncak panennya terjadi pada bulan April hingga dengan Agustus.

2. Aneka Buah Jambu

Sema halnya ibarat di Indonesia, buah jambu di Thailand terdiri dari beberapa jenis ibarat jambu klutuk, jambu air, dan jambu bol. Seluruh jambu yang berada di Thailand mempunyai tingkat kemanisan yang tinggi, hanya perbedaannya pada tekstur saja. Jambu klutuk cenderung bertekstur lebih garing, jambu bol lebih ke arah lembek dan jambu air mempunyai tekstur yang garing tapi berair. Direkomendasikan untuk mencoba buah jambu bol, alasannya ialah di Indonesia sendiri buah ini cukup sulit ditemukan dan buah ini mempunyai busuk yang sangat khas. Sama ibarat durian, di Thailand masa panen jambu cenderung sepanjang tahun.

3. Buah Asam Jawa Manis

Buah ini disebut juga dengan nama tamarin atau dalam bahasa Thailand disebut ma kham wan. Kulitnya garing dengan isian yang lembek Di Indonesia sendiri, asam jawa lebih sesering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Sedangkan di Thailand, asam jawa biasanya eksklusif disantap.
Rasanya yang elok dengan sedikit rasa asam dan mempunyai tekstur yang lembek, sama halnya ibarat sedang makan permen. Buah asam jawa di Thailand dipanen pada simpulan Desember hingga dengan Februari.

4. Buah Mangga

Mangga atau yang disebut dengan mamuang dalam bahasa Thailand, biasanya disana disantap dengan ketan yang disiram santan ataupun susu saat. Hidangan yang bercirikan elok tersebut disebut sebagai mango sticky rice. Perbedaannya dengan mangga di Indonesia, mangga di Thailand mmepunyai daging dengan tekstur lebih lembut dan kulitnya yang sama kuning dengan dagingnya. Di Thailand, mangga berbuah sepanjang tahun namun puncak-puncaknya berapa pada bulan Maret dan Mei.

5. Jeruk Bali

Dalam bahasa Thailand, jeruk bali disebut dengna nama som-o. Daging som-o warnanya tidak semerah jeruk bali, agak lebih kuning atau oranye. Rasanya juga tidak seasam jeruk bali yang ada di Indonesia. Pada umumnya, daging som-o di jual tiap pak dalam bungkus sterofoam. Sama ibarat buah mangga, som-o sanggup dipanen sepanjang tahun dan puncaknya terjadi di bulan Maret dan Mei.

Itulah buah-buhan yang wajib dinikmati ketika berlibur ke thiland, karena penyesalan terdalam ketika sudah sampai dinegara tersebut tapi belum merasakan nikmat buah nya yang bagitu menyimpan citra rasa yang berbeda dari negara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *